Buah Ini Diklaim Ampuh Sebagai Penghilang Kolesterol Tinggi, Apa Ya?

  • Bagikan
X

Duniagital.com - Kadar kolesterol tinggi dapat berbahaya jika tidak ditangani segera. Kelebihan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, yang berarti lebih mungkin mengalami masalah jantung atau strok.

Hal ini sering dikaitkan dengan pilihan gaya hidup. Makan terlalu banyak makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, dan kelebihan berat badan diketahui sebagai kontributor penumpukan kolesterol. Karena itu, dokter menyarankan pasien beralih ke pola makan yang lebih sehat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Namun, ada buah tertentu juga bermanfaat untuk tujuan penurunan kolesterol. Pendiri grosir buah dan sayuran Naturally Best Fresh, Rob Carter menjelaskan okra (bendi), juga dikenal sebagai lady finger, dapat memainkan peran besar dalam mengurangi kolesterol.

Okra sebenarnya adalah tumbuhan polong biji, yang meskipun diklasifikasikan sebagai buah, tetapi lebih banyak dimasak sebagai sayuran. “Tukar kentang dengan okra dalam makanan sehari-hari untuk menuai manfaat penghilang kolesterol,” kata Carter dilansir Express, Kamis (14/7/2022).

Menurut penelitian ilmiah, okra mengandung gel sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Polifenol memainkan peran besar dalam pengelolaan kolesterol. Biasanya, ahli gizi akan merekomendasikan makan sayuran berwarna seperti terong untuk menuai manfaatnya.

Namun, okra memiliki tingkat polifenol penghilang peradangan yang lebih tinggi seperti isokuersetin. Penelitian telah menunjukkan bahwa okra sangat membantu dalam mengurangi strok dan masalah jantung.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan