Gandeng Pemerintah Daerah, Kemendikbudristek Ingin Implementasi Kurikulum Merdeka Dipahami

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Direktur Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Rachmadi Widdiharto memaparkan pihaknya terus melakukan kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan memanfaatkan platform merdeka mengajar di satuan pendidikan pada tahun ajaran baru.

Dengan kolaborasi yang baik, Rachmadi berharap masyarakat bisa memperoleh pemahaman utuh tentang Kurikulum Merdeka dan terbebas dari miskonsepsi. Selain itu, dia juga memaparkan bahwa pihaknya ingin membangun kolaborasi antar kepala daerah untuk menanggulangi hal tersebut.

“Kita ingin membangun sinergi dan kolaborasi antarpemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah, agar tidak terjadi miskonsepsi tentang Kurikulum Merdeka, dan mendorong guru untuk terus belajar dan berbagi melalui Platform Merdeka Mengajar,” ujar Rachmadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Rachmadi memaparkan, kunjungan yang dilakukan pihaknya dilakukan dengan tujuan untuk mengajak pemerintah daerah meninjau pengimplementasian Kurikulum Merdeka di tahap awal pada satuan pendidikan. Melalui implementasi tersebut, kata Rachmadi, pihaknya ingin memulihkan pembelajaran dan menerapkan Profil Pelajar Pancasila.

“Kurikulum Merdeka dilakukan dalam rangka memulihkan pembelajaran melalui pembelajaran bermakna, menyenangkan, dan relevan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan tahap perkembangan murid. Kita ingin murid-murid kita menjunjung Profil Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, serta berkebinekaan global,” urainya. 

Sementara itu, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi memaparkan bahwa usulan tersebut merupakan hal baik. Dia mengaku akan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan di Kota Surabaya. 

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan