Kemenkes Diminta Antisipasi Wabah Cacar Monyet

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan pemerintah dalam hal ini Kementerian kesehatan (Kemenkes) harus lebih dulu melakukan antisipasi terkait wabah cacar monyet yang sedang menyerang banyak negara.Sekalipun penyakit cacar monyet belum masuk Indonesia. Antisipasi tersebut harus dilakukan. Pasalnya WHO telah menyatakan dalam bahaya global.

Sebelumnya, Cacar monyet atau monkeypox ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat internasional, menurut Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Minggu (24/7/2022). Tedros melaporkan sebulan yang lalu ada 3.040 kasus cacar monyet dari 47 negara telah dilaporkan ke WHO.Wabah terus berkembang hingga mencapai 16.000 kasus dilaporkan dari 75 negara hingga saat ini, dan terdapat lima orang meninggal dunia. WHO membuat serangkaian rekomendasi untuk empat kelompok negara.

Pertama, negara yang belum melaporkan kasus cacar monyet, atau belum melaporkan kasus lebih dari 21 hari. Kedua, negara yang baru saja mengimpor kasus cacar monyet dan mengalami penularan dari manusia ke manusia. Rekomendasi tersebut termasuk untuk menerapkan respons terkoordinasi untuk menghentikan penularan dan melindungi kelompok rentan.

Kemudian melibatkan dan melindungi masyarakat yang terkena dampak, dan mengintensifkan pengawasan dan upaya kesehatan masyarakat. Selain itu, memperkuat manajemen klinis dan pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit dan klinik.Selanjutnya rekomendasi terkait yakni mempercepat penelitian penggunaan vaksin, terapi dan alat lainnya, serta rekomendasi perjalanan internasional.

"Sampai sekarang belum ada kasus," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril di Jakarta

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan