Studi MSC: 94% Pelaku Usaha Setuju QRIS Percepat Proses Pembayaran

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - MicroSave Consulting/ MSC hari ini, Rabu (27/7/2022), mengumumkan hasil studi terbarunya berjudul “QRIS implementation and opportunities to increase its adoption in Indonesia.” Studi tersebut menunjukkan bahwa para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) memiliki tingkat awareness yang tinggi mengenai QRIS sebagai metode pembayaran yang aman dan murah dalam menjangkau lebih banyak konsumen.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pelaku usaha yang menggunakan QRIS sudah memahami sejumlah manfaatnya, di antaranya proses pembayaran yang lebih cepat (94%) dan bagaimana satu kode QR dapat digunakan oleh beberapa penyedia layanan (87%).

Sementara itu, untuk pelaku usaha yang belum menggunakan QRIS, sekitar 60% dari mereka mengungkapkan minatnya menggunakan QRIS apabila memperoleh bantuan onboarding dan informasi dari penyedia layanan.

"Temuan kami menunjukkan bertumbuhnya awareness para pelaku usaha serta preferensi konsumen untuk menggunakan QRIS seiring keduanya menganggap QRIS sebagai metode pembayaran yang ekonomis," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Sementara itu, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Fitria Irmi Triswati menuturkan, kajian ini akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi regulator sebagai referensi, tetapi juga bagi industri untuk meningkatkan pelayanan kepada pelaku usaha dan pengalaman pengguna.

"Selain itu, studi ini dapat memberikan pandangan yang lebih luas tentang manfaat QRIS bagi masyarakat dalam mengakselerasi ekonomi digital dan integrasi ekosistem keuangan," tukasnya.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan