Amerika Yakin Insiden Besar di Laut China Selatan Cuma Soal Waktu Jika China Terus Lakukan…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Washington - Terjadinya "insiden besar" di wilayah strategis Laut China Selatan hanya masalah waktu jika China terus meningkatkan provokasinya, kata Amerika Serikat.

Wakil asisten menteri untuk Asia Timur di Departemen Luar Negeri AS, Jung Pak, mengatakan, ada tren peningkatan provokasi China terhadap negara-negara yang terlibat sengketa klaim di LCS.

“(Tindakan China) berkontribusi pada ketidakstabilan regional, merusak ekonomi negara-negara penuntut lainnya, merusak tatanan maritim yang ada, dan mengancam hak serta kepentingan semua negara yang mengandalkan atau beroperasi di jalur air vital ini,” ucap Pak dalam diskusi di Center for Strategic and International Studies, Selasa (26/7/2022).

Pak mengungkapkan, pesawat-pesawat China semakin terlibat dalam pencegatan atau pengadangan yang tak aman terhadap pesawat Australia di wilayah udara internasional di atas LCS.

Dalam tiga insiden terpisah selama beberapa bulan terakhir, Beijing pun menentang kegiatan penelitian dan eksplorasi energi yang dilakukan Filipina di zona ekonomi eksklusifnya sendiri.

Dia menekankan, klaim China atas hampir seluruh wilayah LCS tak sah dan melanggar hukum.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan