Banyak Politikus Jadi Kutu Loncat, PM Malaysia Usut Langsung ke Akarnya

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob menyoroti sikap para politikus yang kerap berpindah-pindah partai politik. 

Karena itu, dia mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) Konstitusi (Amendemen) (Nomor 3) 2022 terkait Larangan Berganti Partai ke Dewan Rakyat (DPR) di Kuala Lumpur.

Pemerintah memandang serius tindakan pergantian partai, pembelotan, loncat partai, atau penyeberangan, yang menimbulkan banyak perdebatan dan polemik di kalangan masyarakat luas karena menyangkut amanat dan kepercayaan rakyat yang memilih wakilnya untuk menjadi wakil rakyat di parlemen, kata Ismail Sabri dalam Persidangan DPR yang diikuti secara daring.

Ia mengatakan bahwa amendemen yang diusulkan juga bertujuan untuk memberikan pesan yang jelas kepada semua anggota DPR untuk menegakkan dan berpegang teguh pada prinsip partai yang diwakilinya.

Menurut dia, amendemen konstitusi yang bersejarah itu dibuat untuk melindungi amanat yang diberikan rakyat selama pemilihan umum dan amanah yang diberikan kepada anggota DPR.

Selain itu dirinya yakin RUU itu juga mampu menghentikan perwakilan terpilih dari berganti partai tanpa alasan yang sah atau masuk akal, sehingga memastikan stabilitas politik di negara itu untuk jangka panjang, katanya.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected]gmail.com.
  • Bagikan