BPK Sebut PLN Berhasil Lakukan Efisiensi Bisnis

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyimpulkan kegiatan usaha penyediaan tenaga listrik dan perhitungan subsidi listrik tahun anggaran 2021 yang diselenggarakan PLN telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam semua hal yang material.

Pimpinan VII BPK Hendra Susanto mengatakan selain kegiatan tersebut, BPK juga memberi catatan kepada PLN untuk mendorong efisiensi berkelanjutan.

Hendra menyebut sepanjang tahun 2021 PLN berhasil melakukan efisiensi bisnis dengan menurunkan biaya pokok penyediaan (BPP) tenaga listrik dengan tetap menjaga keandalan listrik.

Berdasarkan perhitungan subsidi listrik, BPP tahun 2021 yaitu sebesar Rp1.393,8 per kWh atau turun 0,46 persen dibandingkan tahun 2020 yaitu sebesar Rp1.400,2 per kWh. Hasil pemeriksaan BPK atas subsidi listrik dapat diefisienkan dari Rp58,88 triliun menjadi audited sebesar Rp57,87 triliun. 

“Saya berharap dengan inovasi dan ide kreatif dari manajemen, direksi, komisaris agar efisiensi bisa diperbesar persentasenya dan pemanfaatan kompor induksi mudah-mudahan bisa menjadi strategi positif untuk PLN ke depan,” ujar Hendra dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/7/2022).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK yang terus mendukung PLN dalam menjalankan tugas menghadirkan listrik di seluruh wilayah Indonesia. 

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan