Digitalisasi Pasar, Pemkab Bantul Luncurkan e-Retribusi Pasar

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan e-retribusi pelayanan pasar di Pasar Niten sebagai bagian dari upaya penerapan digitalisasi pasar rakyat.

"Kami melakukan digitalisasi pasar rakyat di Pasar Niten. Ada dua kegiatan, pertama launching e-retribusi pelayanan pasar, dan pemasangan QRIS sebagai peningkatan pelayanan alternatif pembayaran kepada masyarakat," kata Kabid Sarana Perdagangan, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Arum Hidayati usai peluncuran di Pasar Niten Bantul, Kamis (28/7/2022).

Menurut dia, dalam penerapan digitalisasi pasar rakyat melalui e-retribusi pelayanan pasar tersebut, pemkab bekerja sama dengan salah satu lembaga perbankan milik pemerintah di Bantul, sebagai dukungan transaksi pembayaran menggunakan metode QR Code dari bank tersebut.

Dia mengatakan, pada tahap awal ini ada sebanyak 500 pedagang pasar yang tersebar di beberapa pasar rakyat Bantul yang mulai menerapkan digitalisasi pasar rakyat itu, dan akan terus dikembangkan ke pedagang pasar lainnya.

"Kami meluncurkan 500 pedagang tersebar di beberapa pasar antara lain Pasar Niten, Pasar Angkruksari, Pasar Sungapan, Pasar Barongan, nanti dilanjutkan target kami akhir 2022 ini mencapai 4.000 pedagang yang sudah menerapkan e-retribusi," katanya.

Dia mengatakan, dan sesuai arahan dari Bupati Bantul melalui Asisten Bidang Perekonomian, pihaknya akan mempercepat penerapan e-retribusi pelayanan pasar untuk seluruh pedagang pasar di Bantul sebelum akhir tahun 2024.

Sumber: repjogja.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan