Ditekan Urusi Myanmar, China Ingatkan Kebijakan Non-intervensi Negara Lain

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Beijing - Juru bicara Kementerian Luar Negeri China menegaskan bahwa Beijing menganut "kebijakan non-intervensi" soal urusan dalam negeri Myanmar.

“China menganut prinsip non-intervensi dalam urusan internal (negara lain),” kata Zhao Lijian.

Dia menjawab pertanyaan soal AS telah mendesak Beijing untuk memberikan pengaruh pada Myanmar setelah junta militer mengeksekusi empat aktivis akhir pekan lalu.

Menurut transkrip briefing hariannya, Zhao mengatakan semua pihak dan faksi di Myanmar harus bekerja untuk kepentingan jangka panjang negara dan menangani perbedaan serta kontradiksi dengan baik dalam kerangka konstitusi dan undang-undang.

Junta militer di Myanmar mengundang kemarahan global setelah mengeksekusi empat orang selama akhir pekan kemarin, termasuk aktivis politik terkemuka.

Keempat aktivis ditangkap tahun lalu dan junta mendakwa mereka dengan “kasus pembunuhan brutal” pada 14 Maret 2021. Ini adalah pertama kalinya sejak tahun 1980-an Myanmar memberlakukan eksekusi mati.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan