Genjot 15 Juta Pengguna, BI Beberkan Tiga Pilar Ekspansi QRIS

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Transaksi QRIS menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di tengah pandemi, termasuk dari sisi nilai dan volume. Di sisi penawaran/ supply, pelaku usaha yang menggunakan QRIS telah mencapai 19 juta merchant dengan 90,3% di antaranya adalah UMKM. Dari sisi permintaan/ demand, Bank Indonesia menargetkan penambahan 15 juta pengguna baru pada tahun 2022, dan sejauh ini perkembangannya cukup menjanjikan.

Kendati demikian, Studi MicroSave Consulting/ MSC yang berjudul “QRIS implementation and opportunities to increase its adoption in Indonesia" merekomendasi untuk meningkatkan penggunaan QRIS melalui digitalisasi di segmen lainnya, seperti pembayaran supply chain, pembayaran point-of-sale (misalnya untuk layanan parkir dan pembelian menggunakan vending machine), pembayaran Government-to-Person (misalnya penyaluran bantuan sosial), dan pembayaran Citizen-to-Government (misalnya pembayaran pajak).

Kemudian, seiring pelaku usaha informal yang menggunakan QRIS kini memiliki rekam digital, studi ini juga merekomendasikan agar para penyedia layanan mempertimbangkan cross-selling penyediaan layanan/ produk keuangan digital lainnya yang dapat bermanfaat bagi pelaku usaha, seperti pinjaman kredit dan tabungan.

"Strategi ekspansi QRIS dari sisi permintaan dan sisi penawaran berfokus pada tiga pilar: (i) Ekspansi; (ii) Edukasi dan Kampanye; dan (iii) penghargaan bagi Penyedia Jasa Pembayaran, pemerintah daerah, dan pelaku usaha," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Pada pilar edukasi dan kampanye, Dia menjelaskan kebijakan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang QRIS di antara pelaku usaha dan pengguna pada tiga aspek.

Pertama, manfaat penggunaan QRIS, antara lain, skema harga yang efisien bagi pelaku usaha, pencatatan transaksi yang lebih baik, dan membuka akses terhadap ekosistem digital.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan