Kakao Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah? Yuk Cek Faktanya Disini

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Sebuah studi baru dari University of Surrey menyebutkan bahwa Kakao diyakini mampu menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri. Kandungan flavanol di dalamnya berperan untuk menurunkan tekanan darah serupa obat.

Namun, seberapa efektif flavanol dalam kehidupan sehari-hari untuk menurunkan tekanan darah masih belum diketahui. Pasalnya, masih perlu dilakukan pengaturan eksperimental yang dikontrol ketat.

Dalam studi pertama dari studi sejenis, para peneliti menyelidiki penggunaan flavanol dalam menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri pada individu di luar pengaturan klinis.

Profesor Kedokteran Kardiovaskular di University of Surrey, Prof Christian Heiss, mengatakan bahwa timnya menyelidiki cara-cara inovatif untuk mengobati tekanan darah tinggi dan kekakuan arteri yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke.

“Bahkan sebelum kami mempertimbangkan untuk memperkenalkan kakao ke dalam praktik klinis, kami perlu menguji apakah hasil yang sebelumnya dilaporkan dalam pengaturan laboratorium sudah diterjemahkan dengan aman ke dalam pengaturan dunia nyata,” kata dia dilansir dari Neuro Science, Kamis (28/7/2022).

Selama beberapa hari, 11 peserta sehat mengkonsumsi kakao pada hari-hari bergantian, enam kapsul flavanol kakao atau enam kapsul plasebo yang mengandung gula merah. Peserta diberikan monitor tekanan darah lengan atas, dan klip jari yang mengukur kecepatan gelombang nadi (PWV) yang mengukur tingkat kekakuan arteri.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan