Kasus ASN Terima Bansos, BPK Pastikan Kemensos Sudah Bekukan NIK Mereka!

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menerima bansos dari Kementerian Sosial. Temuan ini diungkapkan Ketua BPK Achsanul Qosasi di Gedung Kemensos RI, Kramat Jati, Jakarta Timur pada hari Kamis (28/7/2022).

Achsanul mengatakan, Kemensos mendapatkan tugas menyerahkan bantuan sosial (bansos) senilai Rp120 triliun. Temuan-temuan BPK itu sudah disampaikan kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

"BPK nilai Kemensos berhak mendapatkan apresiasi, kami berikan WTP. Karena hanya 2,5 persen penyimpangan dari Rp120 triliun yang ada di Kemensos," kata Achsanul kepada wartawan di Gedung Cawang Kencana, Jakarta Timur, Kamis (28/7/2022).

Ia menjelaskan, BPK menemukan ketidaksesuaian data penerima bansos dari kalangan yang mampu, salah satunya adalah ASN. Namun, lanjut Achsanul, kini Nomor Identitas Kependudukan (NIK) ASN tersebut sudah dibekukan sehingga mereka tidak dapat menerima bansos dari Kemensos.

"Ada PNS dan ASN yang menerima bansos dan itu langsung oleh kemensos langsung dibekukan. NIK-nya dibekukan," ungkapnya.

Selain ASN diketahui ada juga pengurus perusahaan yang menerima bantuan sosial dari Kemensos. Mereka juga sudah dibekukan identitasnya sehingga tidak dapat menerima kembali bantuan sosial dari Kemensos.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan