Mencekam, 2 Aktivis Pemimpin Aksi Massa Ditangkap Pemerintah Sri Lanka

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kolombo - Sri Lanka pada Rabu (27/7/2022) menangkap dua aktivis pemimpin aksi protes massa yang menggulingkan Gotabaya Rajapaksa. Penangkapan terjadi di masa perpanjangan keadaan darurat yang ditetapkan oleh parlemen.

Rajapaksa melarikan diri ketika puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbu kediamannya di ibu kota Kolombo. Para pengunjuk rasa marah dengan krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara pulau itu.

Ia kemudian terbang ke Maladewa, kemudian Singapura dan mengajukan pengunduran dirinya. Sementara penggantinya, Ranil Wickremesinghe menyatakan keadaan darurat dan bersumpah akan bertindak keras terhadap para pembuat onar.

Seperti dilansir laman Channel News Asia, Kamis (28/7/2022), polisi mengatakan, bahwa pihaknya telah menangkap aktivis Kusal Sandaruwan dan Weranga Pushpika atas tuduhan pergerakan massa yang melanggar hukum.

Setelah Rajapaksa melarikan diri, Sandaruwan terlihat dalam rekaman media sosial menghitung sejumlah besar uang kertas yang ditemukan di rumah presiden.

Polisi juga telah merilis foto-foto 14 tersangka yang dicari sehubungan dengan serangan pembakaran di rumah Wickremesinghe pada hari yang sama kantor dan kediaman presiden diserbu.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan