Pembangkit Listrik Terbesar di Ukraina Jatuh ke Tangan Militer Rusia

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kiev, Ukraina - Pasukan Rusia telah menguasai pembangkit listrik terbesar kedua di Ukraina. Pembangkit listrik tenaga batu bara Vuhlehirsk era Soviet yang telah dikuasai dapat menjadi keuntungan strategis Moskow.

"Mereka mencapai keuntungan taktis kecil, mereka merebut Vuhlehirsk," kata penasihat Oleksiy Arestovych dalam sebuah wawancara yang diunggah di YouTube, Rabu (27/7/2022) waktu setempat.

"Rusia sedang melakukan penempatan kembali besar-besaran pasukan ke tiga wilayah selatan," ujarnya menambahkan.

Rekaman yang belum diverifikasi yang diunggah di media sosial menunjukkan para pejuang dari perusahaan militer swasta Wagner Rusia berpose di depan pembangkit listrik Vuhlehirsk.

Salah satu pejuang Wagner di depan pabrik menunjukkan arlojinya ke kamera, waktu di sana adalah 10.01 lokal dan memberikan tanggal 26 Juli.

Kantor berita Reuters tidak dapat segera memverifikasi video atau apakah pabrik telah beralih ke kendali Rusia. Rekaman yang belum diverifikasi yang sama menunjukkan bahwa bagian-bagian yang berfungsi dari pembangkit listrik era Soviet, yang bertengger di tepi reservoir besar, tampaknya tidak rusak.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan