PLN Siap Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu 597 MW hingga 2030

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - PT PLN (Persero) terus meningkatkan bauran energi terbarukan dan akan mengembangkan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) sebesar 597 megawatt (MW) hingga 2030. 

Executive Vice President Perencanaan dan Enjiniring EBT PLN, Cita Dewi mengatakan dalam mengembangkan EBT, akan menyesuaikan dengan kebutuhan sistem dan target Commercial Operation Date (COD) sesuai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030. 

“Energi angin memang menarik karena potensinya besar. Sekarang bagaimana kita bisa melakukan pengembangan dengan baik karena PLTB memerlukan data yang spesifik dalam pengembangannya,” ujar Cita dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/7/2022).

Cita menjelaskan, PLN sebagai off-taker, perlu mendapatkan data pengukuran angin yang akurat sebelum melakukan pengembangan PLTB.

Menurutnya, PLTB harus disiapkan lebih detail, dengan mengutamakan transparansi kajian pengembangan. Selain soal kajian pengembangan, PLTB biasanya juga berada di lokasi dengan geografis yang menantang.

"Dari sisi lokasi, biasanya di daerah perbukitan yang infrastrukturnya terbatas. Ini salah satu tantangannya,” ujarnya.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan