Seberapa Krusial Peran Pajak dalam Perusahaan?

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Menyoal permasalahan terkait dengan Tax Risk yang harus dihadapi oleh perusahaan, Ichwan Sukardi, Managing Partner yang hadir dalam acara SystemEver AccounTax: Let AccounTax Work With You di Jakarta, Kamis (28/7/2022), menyampaikan bahwa pajak memiliki peran yang krusial dalam menejemen perusahaan.

"Tax Risk memang bagian dari goverments, kalau di perusahaan ada namanya goverments, jadi government artinya sangat luas. Termasuk di dalamnya adalah kita memposisikan bahwa tax ini adalah komponen yang penting. Suatu sistem atau bagian dari pengambilan keputusan perusahaan," terangnya.

Ichwan menceritakan kisahnya sebagai seorang adviser pajak yang beberapa kali diundang mengikuti rapat internal perusahaan seperti dalam RUPS yang diadakan oleh perusahaan. Rapat ini biasanya dilakukan untuk menentukan sistem maupun saat terjadi perubahan struktur perusahaan.

"Salah satu pertanyaan yang paling muncul saat rapat RUPS adalah tax cost. Kenapa tax cost perusahaan sangat besar?" ungkap Ichwan.

Ia menjelaskan bahwas pajak bersifat strategis di dalam korporasi perusahaan dan sangat sensitif pengaruhnya karena mampu memengaruhi profitable dari perusahaan. Misalnya saja apabila perusahaan mendapat SKP yang besar, maka profitnya menjadi turun.

Sumber: ihram.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan