Upaya Wamendag Bangun Kembali Kepercayaan Antarnegara Melalui Peningkatan Fungsi WTO

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengharapkan, Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) G20 dapat membangun kembali kepercayaan antarnegara, termasuk dalam sistem perdagangan multilateral melalui peningkatan semua fungsi WTO, yaitu fungsi negosiasi, pemantauan, dan sistem penyelesaian sengketa WTO.

Hal ini disampaikan Wamendag Jerry dalam sesi diskusi panel High-Level Forum on Trade, Investment, and Industry (HLF on TII) yang diselenggarakan secara virtual, pada hari Selasa (26/7/2022).

"TIIWG G20 akan selalu mendorong negara-negara untuk menyeimbangkan dialog, mengakomodasi perbedaan pandangan, dan meningkatkan saling pengertian," ujar Wamendag, mengutip sebagaimana dalam rilisnya.

Menurutnya, sistem perdagangan multilateral adalah sesuatu yang telah dikembangkan sejak 77 tahun yang lalu dan telah membantu lebih dari satu miliar orang keluar dari kemiskinan. "Memang ini belum menjadi sistem yang sempurna. Namun, kita harus terus membangun dan memperkuatnya," imbuh Wamendag.

Di samping itu, lanjut Wamendag, memperkuat transparansi, berbagi informasi, dan pertimbangan kebijakan adalah kunci untuk memungkinkan perusahaan, konsumen, dan pemerintah untuk dapat lebih memahami, melakukan navigasi, dan mendapat manfaat dari sistem perdagangan global.

Wamendag turut menyampaikan bahwa sistem perdagangan global memegang peranan penting selama pandemi yang telah berlangsung selama hampir tiga tahun belakangan ini.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan