Bekali Anak Etika Sebelum Masuk Dunia Digital

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Orang tua harus membekali anak mereka etika sebelum menggunakan media digital sehingga anak-anak tahu dan menyadari yang dihadapi di balik layar gadget mereka adalah manusia. Dengan begitu, perilaku mereka di dunia digital tidak berbeda di dunia nyata.

"Manusia diajarkan untuk bijaksana. Etika mengingatkan kembali hakikat teknologi bagi manusia," kata Komite Edukasi Mafindo, Julita Hazeliana M, S.E saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Rabu (27/7/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Sekarang ini anak-anak merupakan digital native, sehingga lebih piawai dari orang tuanya ketika menggunakan gadget dan berselancar di dunia digital. Situasi ini tidak membuat orang tua terbebas dari tanggung jawab mendampingi anak.

Orang tua memiliki pemahaman etika lebih baik. Hal ini menjadi bekal untuk menjaga anak-anak dari potensi buruk dunia digital. Ketika mengakses media digital, anak harus mengetahui tujuannya, sehingga selalu memposting atau membagikan konten positif.

"Ada tanggung jawab yang melingkupi itu. Ada konsekuensi dari setiap perilaku dan posting-an kita. Konsekuensi ini melekat, baik positif maupun negatif, tergantung apa yang kita posting atau sharing," ujar Julita.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan