Jangan Panik Hadapi Penipuan, Utamakan Konfirmasi

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Pelaku penipu di dunia digital makin pintar. Mereka tidak beraksi terang-terangan seperti dulu. Sekarang ini pelaku mengumpulkan data pribadi korban sedikit demi sedikit. Setelah data lengkap, mereka melakukan penipuan dan penyamaran.

Dalam melakukan aksinya, penipu terkadang menelepon korban. Mereka menyamar sebagai keluarga korban dan berada dalam kejadian urgensi seperti masuk rumah sakit atau di kantor polisi. Individu yang cakap digital tidak boleh panik menghadapi situasi seperti ini. Tetap harus berpikir kritis dan utamakan konfirmasi.

"Jangan panik, tetap tenang. Biarkan dua sampai 10 detik dulu agar tenang. Kemudian tanya dari mana. Ketika dijawab, bilang akan menghubungi lagi dengan alasan sibuk meeting sehingga kita punya waktu untuk mengonfirmasi," kata Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, UMKM Investor, Andry Hamida, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Rabu (27/7/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Pelaku mendapat data diri korban sedikit semi sedikit hingga menjadi kesatuan utuh yang dapat digunakan untuk menipu, mencuri, dan dibutuhkan untuk kebutuhan lainnya. Mereka mengumpulkan data dari media sosial dan data-data digital lainnya.

Pelat nomor kendaraan, alamat rumah, nama lengkap, tanggal lahir, hingga nama anak. Data-data ini terkadang tanpa disadari tersebar melalui media digital. "Jangan memberikan data pribadi secara mudah. Ini sering terjadi tanpa disadar," kata Andry.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dengan sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan