Maruf Amin Imbau MUI Tak Ikut-ikutan Soal Pilpres, Anwar Abbas Bereaksi: Harus Mengingatkan Umat dan Bangsa

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin memberi peringatan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk tidak ikut-ikutan dalam urusan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terkait pernyataan itu, Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas buka suara.

Ia menyatakan bahwa imbauan yang dikeluarkan oleh Wapres adalah hal yang benar. Anwar Abbas menyebut sesuai aturan, pilpres memang bukan urusan MUI, melainkan tugas dari partai politik. Namun, Anwar Abbas mengingatkan peran MUI sebagai menjaga umat Islam dan bangsa Indonesia.

"MUI harus mengingatkan umat dan bangsa ini untuk memilih capres-cawapres yang terbaik dari yang ada," kata Anwar Abbas.

Dia menjelaskan kriteria pemimpin yang baik tersebut ialah memiliki akhlak yang terpuji serta punya kapasitas dan integritas yang mumpuni untuk memimpin bangsa ke depan.

Ulama asal Sumatera Barat itu juga menyebut pemimpin harus mengedepankan kepentingan rakyat daripada urusan sendiri dan golongannya. Ia menyatakan bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang bermental negarawan bukan politisi.

"Di mana yang dipikirkannya tidak lagi kepentingan diri dan partai serta kelompoknya saja, tetapi nasib seluruh rakyat dan warga bangsanya," ucap Buya Anwar.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan