Padahal Baru Rencana, China Mulai Murka dengan Joe Biden, Xi Jinping Layangkan Peringatan

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Beijing - Melalui sambingan telepon, Presiden China Xi Jinping melayangkan peringatan kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden agar tidak bermain api. Peringatan itu disampaikan pada Kamis (28/7/2022).

"Mereka yang bermain api akan binasa karenanya. Berharap AS jernih melihat masalah ini," kata Kementerian Luar Negeri China mengutip Xi yang menyampaikan peringatan itu kepada Biden dalam panggilan kelima mereka sebagai pemimpin negara.

Xi mengatakan, AS harus mematuhi prinsip satu-China dan menekankan dengan tegas menentang kemerdekaan Taiwan serta campur tangan kekuatan eksternal. Namun, Biden membalas bahwa kebijakan AS tentang Taiwan tidak berubah.

Panggilan presiden berlangsung lebih dari dua jam. Pembicaraan ini, menurut Gedung Putih, adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memperdalam jalur komunikasi dan mengelola perbedaan secara bertanggung jawab.

Pemerintahan Biden percaya keterlibatan antar pemimpin adalah cara terbaik untuk menurunkan ketegangan atas Taiwan.

Ketika Biden terakhir berbicara dengan Xi pada Maret, dia memperingatkan konsekuensi jika China memberikan dukungan material untuk perang Rusia. Pemerintah AS percaya bahwa garis merah belum dilanggar dalam beberapa bulan sejak itu.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan