Pakar Soroti Gelagat Xi Jinping dan Joe Biden yang Berbeda Saat Taiwan…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Washington - Para pakar mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping sebagian besar berhasil menghindari retorika eskalasi di Taiwan dalam panggilan telepon, Kamis (28/7/2022). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pihak menginginkan krisis baru di Selat Taiwan.

Peringatan Xi kepada Biden agar tidak "bermain dengan api" di Taiwan, meskipun jelas, sebagian besar mencerminkan pernyataannya dari pertemuan video kedua pemimpin pada bulan November.

“Porsi percakapan di Taiwan sangat mirip dengan percakapan terakhir. Peringatan Xi tidak meningkat,” kata Bonnie Glaser, pakar China di German Marshall Fund Amerika Serikat, merujuk pada pembacaan panggilan telepon oleh Beijing, dilansir Reuters.

Taiwan terdiri dari satu dari tiga bagian dari diskusi lebih dari dua jam, menurut seorang pejabat senior AS yang memberi pengarahan kepada wartawan. Yang lain sebagian besar berfokus pada perang Rusia di Ukraina dan bidang kemungkinan kerja sama AS-China, seperti perubahan iklim.

Pejabat itu menolak untuk mengatakan apakah Biden dan Xi secara langsung membicarakan topik kunjungan Ketua DPR Nancy Pelosi yang belum dikonfirmasi ke pulau itu, alih-alih menyoroti bahwa Biden telah menyampaikan bahwa Washington mempertahankan "kebijakan satu-China" yang sudah lama ada di bawah yang mengakui Beijing, bukan Taipei, secara diplomatis.

"Menurut saya, kedua pemimpin yang berbicara secara langsung mungkin menurunkan suhu relatif terhadap apa yang akan terjadi tanpa pertemuan itu," kata Jacob Stokes, seorang rekan keamanan Indo-Pasifik di Center for a New American Security.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan