Laporkan Penipuan Online untuk Tingkatkan Kesadaran

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Mojokerto - Perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Perubahan gaya hidup menjadi serba digital menawarkan kemudahan beraktivitas. Di sisi lain, pemahaman mengenai keamanan digital masih rendah.

Sekarang ini pemahaman mengenai keamanan digital tidak boleh diabaikan. Berdasarkan data Kepolisian RI September 2020, jumlah laporan penipuan daring meningkat terus dalam lima tahun terakhir.

“Saya percaya ini belum data sebenarnya, data sebenarnya ada di sekitar kita. Pada saat kita lihat, banyak orang di sekitar yang menjadi korban tidak mau melaporkan, merasa nominal kecil, belum tentu uang kembali, dan lain sebagainya,” ujar CEO Satmaka Raharja, M Ilham Faris MM., MH saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Kamis (28/7/2022).

Pemahaman tentang keamanan digital berkaitan dengan kesadaran diri. Ketika melaporkan kasus penipuan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keamanan digital. Korban, menurut Ilham, harus mengubah sudut pandang dan melihat permasalahan secara lebih luas.

Korban harus memahami kerugian yang diterima bukanlah yang sebenarnya. Secara nominal mungkin tidak besar. Namun, penipu bisa saja memakan puluhan korban selama bertahun-tahun.

“Ayo laporkan. Siapkan bukti cukup, datang ke kantor polisi. Jangan curhat ke media sosial, ini justru menambah bahaya karena membuka kelemahan kita,” kata Ilham.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan