Waspada Malware, Ini Jenis-jenisnya

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kediri - Masifnya kemajuan teknologi informasi harus diiringi kecakapan bermedia digital. Setiap individu harus mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, hingga aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.

Kemudian individu juga perlu menyadari pentingnya perlindungan data dan perangkat digital. Mewaspadai Malicious Software (malware) misalnya. Perangkat lunak ini berbahaya, mudah menyebar dan menginfeksi lanksap digital.

“Tanpa disadar sistem dan aplikasi pada inti komputer telah dirusak. Bahkan informasi pribadi dapat diketahui dan disalahgunakan orang lain karena aktivitas browsing yang sehari-hari dilakukan,” kata Korwil Mafindo Malang, Manajer Program DCG Indonesia, Anandito Birowo saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Kamis (28/7/2022).

Jenis malware beragam. Virus merupakah salah satu jenis malware yang punya kemampuan memanipulasi data, menginfeksi, mengubah, dan merusak sebuah program komputer. Ada juga Advetorial Software (Adware). Perangkat lunak ini menampilkan unduhan iklan tanpa izin dan menampilkan spanduk pada antarmuka pengguna program saat terhubung ke internet.

Adware, menurut Anandito, berbentuk seperti iklan pop-up yang ada di suatu situs. Sekarang ini beberapa iklan dibuat untuk mencari keuntungan website. Namun, ada iklan yang mengandung malware atau program bahaya.

Kemudian, spionase software (spyware) menjadi jenis malware yang perlu diwaspadai pengguna internet. Aplikasi ini bisa membocorkan data dan informasi perilaku atau kebiasaan user. Biasanya spyware sering memakan bandwith internet dengan pop up yang muncul dalam konten. Sehingga koneksi internet terus melambat.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan