Bukan Cuma Milenial, Generasi X Juga Antusias Pelajari Digitalisasi Lho

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Kemajuan informasi digital tidak hanya gencar dinikmati generasi milenial. Bahkan generasi x atau para orang tua juga antusias mencari tahu perkembangan digital. Apalagi ini merupakan hal baru bagi mereka.

Pandemi Covid-19 mendorong semua aktivitas menjadi serba digital. Banyak aplikasi bermunculan, sehingga mau tidak mau harus digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Sekarang ini orangtua sering dibingungkan dengan apa yang harus diberikan kepada anak. Mereka bisa memberikan akses penggunaan gadget kepada anak, tapi juga dituntut lebih dulu menyiapkan diri sebagai pendamping.

Dosen Universitas Ibrahimy Situbondo, Ketua RTIK Situbondo, Shokhibul Mighfar, M. Pd.I menyebutkan, orangtua harus memberi pemahaman kepada anak bahwa dunia digital seperti mata pisau, ada yang baik dan tidak baik. Sehingga anak tahu konten-konten baik untuknya dan menjauhi konten-konten tidak layak dikonsumsi.

“Orangtua harus mampu menyediakan konten-konten, situs, atau link yang mengedukasi. Jangan sampai anak mencari-cari sendiri. Anak-anak itu suka coba-coba, selalu berusaha mencoba. Maka harus ditunjukkan konten yang cocok dan pas untuk anak,” ujar Shokhibul.

Selain mendampingi dan mengecek konten layak akses, orangtua perlu menunjukkan contoh perilaku cakap digital kepada anak. Sekarang ini, menurut dia, muncul istilah 1821. Artinya ayah, ibu, dan anak-anak berkumpul di ruang keluarga untuk berdiskusi dan sharing mulai pukul 18.00 hingga 21.00. Kegiatan ini harus dilakukan tanpa gadget.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan