Indonesia Akhirnya Bisa Bernapas Lega, Nasib 55 WNI yang Disekap di Kamboja Sudah Dipastikan….

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Indonesia dapat bernapas lega mendengar kabar dari Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi. Ia menegaskan bahwa 55 WNI yang menjadi korban penyekapan oleh perusahaan online palsu di Sihanoukville, Kamboja, berhasil diselamatkan. 

Menlu memastikan seluruh WNI tersebut kini dalam keadaan selamat. Namun, mereka mengalami gangguan psikis akibat penyekapan yang terjadi.

"Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, pada malam hari ini kami telah mendapatkan konfirmasi bahwa 55 orang WNI telah berhasil diselamatkan," ujar Retno dalam press briefing secara virtual, Sabtu (30/7/2022).

Sementara itu lima WNI lainnya menyusul untuk diselamatkan sebab masih dalam proses pemindahan untuk diupayakan evakuasi. Tercatat sekurangnya sebanyak 60 WNI terjerat pekerjaan perusahaan online scamming di Kamboja. 

Para WNI awalnya dijanjikan bekerja sebagai operator, petugas call center, dan bagian keuangan. Namun di lokasi penempatan tidak sesuai dengan kesepakatan. Kebanyakan dari mereka diminta melakukan scamming (penipuan) untuk tujuan investasi palsu. Target scamming kebanyakan masyarakat Indonesia. 

Sejak menerima informasi kondisi WNI yang ditahan oleh perusahaan online tersebut, Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan evakuasi dan mengamankan para WNI. Upaya pun dilakukan langsung pada tingkat tinggi.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan