Jaga Jejak Digital, Pikirkan Dampak Unggahanmu

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Dunia digital punya jangkauan luas, tidak terbatas ruang dan waktu. Sayangnya masih banyak netizen Indonesia belum menyadari semua kegiatan di dunia digital meninggalkan jejak yang berpengaruh pada masa depan.

Sekarang ini setiap orang bebas berekspresi di media sosial. Padahal dampak pernyataan yang disampaikan harus lebih dulu dipikirkan. Individu yang beretika digital tidak akan menuliskan kata-kata negatif dan merugikan pihak lain.

“Apabila yang dituliskan dianggap merugikan pihak lain, dapat berkonsekuensi secara hukum. Selain itu ada jejak digital,” kata Komite Media Sosial Mafindo, Silma Agbas saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Jumat (29/7/2022).

Jejak digital merupakan jejak data yang dibuat dan ditinggalkan ketika menggunakan perangkat digital. Jejak digital menjadi salah satu ancaman terbesar generasi muda di media sosial. Sebab, jejak digital negatif bisa memengaruhi masa depan mereka.

Kicauan di Twitter, status Facebook, foto dan video di Instagram, dan video YouTube. Data atau informasi ini merupakan rekam jejak yang sengaja diunggah ke dunia digital.

“Penting berhati-hati dengan apa yang kita unggah di internet karena hal tersebut dapat digunakan untuk merugikan kita,” kata Silma.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan