Jangan Terima Mentah-Mentah, Kritisi Setiap Informasi di Media Sosial

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Kemajuan teknologi membuat informasi semakin mudah didapat. Sayangnya banyak orang di sosial media hanya melihatnya dari satu sisi dan langsung menyimpulkan. Padahal kebenarannya masih belum jelas.

“Kritisi semua informasi yang diterima. Apakah sumber kredibel? Jangan mudah percaya. Suatu informasi yang didapat, kalau belum jelas itu adalah benar. Patut diduga hoaks,” kata Korwil Mafindo Bekasi Raya, Erie Heriyah saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Kediri, Jawa Timur, pada Jumat (29/7/2022).

Sekarang ini setiap orang bisa menemukan berbagai macam berita dan informasi di dunia digital. Namun, tidak semua informasi yang dilihat atau didapat benar. Sehingga verifikasi informasi itu penting.

Baca dengan lengkap sebelum menyebarluaskan informasi. Individu yang cakap digital selalu mengecek fakta kebeneran setiap informasi dari berbagai sumber terpercaya. Jangan sebarkan jika berita tersebut meragukan atau tidak terbukti benar.

“Tidak semua orang termakan hoax adalah orang yang bodoh. Orang yang tidak berpikir kritislah yang mudah termakan hoax,” kata Erie.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan