Ide Gotabaya Rajapaksa Balik ke Sri Lanka Direspons Presiden Baru: Saya Tidak Yakin

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Kolombo - Presiden Ranil Wickremesinghe merespons wacana kepulangan mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa ke Sri Lanka. Menurut Ranil, Rajapaksa dinilai bisa mengobarkan ketegangan politik.

"Saya tidak yakin ini saatnya dia kembali. Saya tidak punya indikasi dia akan segera kembali," kata Wickremesinghe dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.  

Rajapaksa sebelumnya menghadapi seruan untuk mengundurkan diri karena penanganannya terhadap krisis ekonomi negara. Dia kemudian melarikan diri pada 13 Juli dan mengundurkan diri sebagai presiden. Rajapaksa kini berada di Singapura.

Wickremesinghe tetap berkomunikasi dengan Rajapaksa untuk menangani masalah serah terima administrasi dan urusan pemerintah lainnya. Sri Lanka telah melakukan pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) tentang paket bailout.

Pada April, Sri Lanka telah menangguhkan pembayaran utang luar negeri sekitar 12 miliar dolar AS. Sri Lanka memiliki utang yang harus dibayar senilai hampir 21 miliar dolar AS, yang akan jatuh tempo pada akhir 2025.

Wickremesinghe mengharapkan kesepakatan tingkat staf IMF akan tercapai pada akhir Agustus. Dia menambahkan bahwa, Sri Lanka harus mengamankan lebih dari 3 miliar dolar AS dari sumber lain tahun depan untuk mendukung impor penting termasuk bahan bakar, makanan dan pupuk.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan