Kemenhub Tinjau Pembangunan Jalur KA Layang Simpang Joglo

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Putu Sumarjaya mengungkapkan tahap pertama pembangunan jalur ganda KA Solo-Semarang Fase I hampir rampung. Ia menambahkan pekerjaan pada Tahap 1 adalah detour track atau pengalihan jalur kereta sementara. 

"Meski dalam masa pembangunan, kami harus pastikan layanan kereta yang melintas di jalur ini bisa tetap beroperasi, seperti kereta antarkota, kereta aglomerasi Joglosemarkerto dan kereta Bandara Adi Soemarmo," ujar Putu dalam keterangannya, Senin (1/8/2022). 

Putu menambahkan pekerjaan detour track dimulai sejak Februari 2022, diawali dengan pembangunan tubuh baan di sisi barat jalur KA eksisting.

"Dilanjutkan pekerjaan relokasi saluran untuk mengakomodir tubuh baan (Mei s.d Juli 2022) yang mengakibatkan terjadinya penyempitan jalan sehingga menimbulkan kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan," sambungnya.

Putu melanjutkan bahwa sejak Mei 2022, pihaknya intens berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Dinas Pekerjaan Umum Kota Surakarta, Satlantas Kota Surakarta, Satlantas Kabupaten Karanganyar, Badan Usaha Jalan Tol, Organda serta perangkat desa di sekitar Simpang Joglo.

"Sebelum memulai pekerjaan, kami lakukan sosialisasi rekayasa lalu lintas baik secara offline dan online. Juni 2022 lalu, kami lakukan sosialisasi di Convention Hall Terminal Tirtonadi dan Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi. Rute pengalihan arus juga kami sosialisasikan melalui media sosial resmi BTP Jabagteng," katanya.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan