Memanas dengan Amerika, China Blak-blakan Gelar Latihan Militer di Sekitar Taiwan

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Istanbul - Wilayah di sekitar Taiwan menjadi arena latihan militer yang digelar China. Hal ini dilakukan setelah rencana Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taipei kian santer.

“Latihan tembak-menembak akan diadakan dan perairan dekat Pingtan di Fuzhou, provinsi Fujian China Timur akan ditutup dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam pada Sabtu,” kata media pemerintah akhir pekan lalu. Pingtan berjarak 125 kilometer dari Taiwan.

Presiden China Xi Jinping pada Kamis memperingatkan Presiden AS Joe Biden "untuk tidak bermain api" atas masalah Taiwan selama pembicaraan via telepon.

Nancy akan memulai tur Asianya pada Jumat, di mana dia akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Malaysia. Perjalanan ke Taiwan adalah "tentatif" dalam jadwalnya.

Jika Pelosi melanjutkan rencana itu, dia akan menjadi ketua DPR AS pertama yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, setelah perjalanan Partai Republik Newt Gingrich tahun 1997 untuk bertemu dengan Presiden Lee Teng-hui saat itu.

Dalam briefing pada Kamis, Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, mengatakan Tentara Pembebasan Rakyat China “tidak akan pernah mentolerir tindakan separatis kemerdekaan Taiwan dan campur tangan eksternal.”

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan