Putin Teken Doktrin Angkatan Laut: Amerika Ancaman Terbesar Negara

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Moskow - Doktrin baru Angkatan Laut Rusia yang ditanda tangani Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Amerika Serikat sebagai pesaing dsn ancaman terbesar Moskow.

Putin mengunjungi St Petersburg untuk memperingati Hari Angkatan Laut Rusia, Ahad (31/7/2022). Pada kesempatan itu, dia memuji kaisar Rusia, Peter the Great, karena telah menjadikan negara tersebut sebagai kekuatan laut unggul dan meningkatkan posisi global Rusia.

Sebelum berpidato, Putin sempat menandatangani doktrin baru Angkatan Laut Rusia setebal 55 halaman.

Doktrin itu menetapkan tujuan strategis angkatan laut negara tersebut, termasuk ambisinya sebagai kekuatan maritim besar dunia. Selain itu, doktrin terbaru menyatakan ancaman utama bagi Rusia adalah “kebijakan strategis AS untuk mendominasi lautan dunia”.

Tak hanya itu, doktrin terbaru Angkatan Laut Rusia juga menetapkan gerakan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) lebih dekat ke perbatasan negara tersebut sebagai ancaman.

Doktrin turut menetapkan Samudra Arktik sebagai wilayah yang sangat penting bagi Rusia. AS telah berulang kali menuding Moskow melakukan militerisasi di wilayah perairan terkait.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan