Singapura Sambut Kedatangan Ketua DPR Amerika, Tur Asia Dimulai

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Singapura - Singapura menerima kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi pada Senin (1/8/2022) pagi. Ini adalah bagian dari tur Asia Pelosi ketika spekukasi tentang kemungkinan kunjungannya ke Taiwan yang telah memicu ketegangan antara Washington dengan Beijing.

Seseorang yang mengetahui masalah tersebut membenarkan bahwa Pelosi dan delegasinya mendarat di Singapura sebelum fajar. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan, Pelosi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong. 

Pelosi juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah menteri kabinet. Pelosi juga diharapkan menghadiri resepsi koktail dengan Kamar Dagang Amerika di Singapura. Sejauh ini tidak ada akses media untuk meliput kunjungan Pelosi.

Dalam sebuah pernyataan selama akhir pekan, Pelosi mengatakan, dia akan mengunjungi Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang untuk membahas perdagangan, pandemi Covid-19, perubahan iklim, keamanan, dan pemerintahan yang demokratis. Pelosi tidak mengkonfirmasi rumor terkait rencana kunjungannya ke Taiwan. 

Jika kunjungan Pelosi ke Taiwan dikonfirmasi, maka ini akan menjadi lompatan bagi karir bagi Pelosi, yang semakin memanfaatkan posisinya di Kongres sebagai utusan AS di panggung global. Pelosi telah lama menantang China tentang hak asasi manusia dan menyatakan keinginny mengunjungi Taiwan awal tahun ini.

Delegasi yang ikut dalam rombongan Pelosi antara lain, Perwakilan AS Gregory Meeks, Ketua Komite Urusan Luar Negeri  Mark Takano, Ketua Komite untuk Urusan Veteran Suzan DelBene, dan Wakil Ketua Komite Sarana.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan