Isi Doktrin Militer Rusia Ngeri, Putin Blak-blakan Tebar Ancaman ke NATO

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Moskow - Doktrin militer baru Angkatan Laut Rusia yang diteken oleh Presiden Vladimir Putin, Minggu (31/7/2022) berisi sikap terhadap NATO.

Isinya menegaskan bahwa langkah Amerika Serikat mendominasi kawasan Eropa melalui keanggotaan Pakta Keamanan Atlantik Utara atau NATO, telah membuat berang Rusia.

Negara yang luasnya berbatasan langsung dengan benua Eropa dan Asia ini akan melawan posisi NATO di kawasan yang berbatasan langsung dengan negaranya.

Dokumen setebal 55 halaman itu mengatakan "tantangan dan ancaman utama" terhadap keamanan dan pembangunan nasional Rusia adalah "tujuan strategis Washington mendominasi lautan dunia" dan infrastruktur militer NATO bergerak menuju perbatasan Rusia.

"Kebijakan internal dan eksternal independen Rusia menghadapi tindakan balasan dari Amerika Serikat dan sekutunya, yang bertujuan untuk mempertahankan dominasi mereka di dunia, termasuk lautan," kata doktrin yang ditandatangani pada Hari Angkatan Laut Rusia.

Moskow memandang aliansi militer Barat - musuh Uni Soviet selama Perang Dingin - sebagai ancaman eksistensial. Ancaman inilah yang digunakan Rusia untuk membenarkan serangannya ke Ukraina saat perang pertamanya di Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan