Kenali Potensi dan Eksplorasi Kearifan Lokal

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Setiap orang bisa menjadi pelaku digitalisasi kebudayaan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Dimulai dari mencintai produk dalam negeri hingga kegiatan produktif lain seperti membuat konten terkait kebudayaan di media sosial.

"Kenali dulu potensi kita, senangnya seperti apa. Silakan eksplorasi kearifan lokal yang ada," kata Senior Konsultan Solusi Holistic, Ketua RTIK Mojopahit Mojokerto, Abdul Rachman, SE.MM saat Webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, pada Minggu (31/7/2022), dalam keterangan tertulis yang diterima.

Hal-hal sederhada di sekitar, lanjut dia, bisa diangkat menjadi semua konten kreatif. Di Tulungagung misalnya. Generasi muda bisa berkontribusi mempromosikan budaya bangsa dengan mengenalkan kerajaan di kabupaten tersebut. "Karena belum banyak diketahui masyarakat," katanya.

Di sisi lain, generasi muda juga harus menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital sehingga dunia semakin tahu Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki nilai-nilai luhur.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan