Kepada PBB, Indonesia Usul Pengaturan Kapal Selam Nuklir, Pengamat: Potensi Bermasalah

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Langkah Indonesia dalam mengusulkan pengaturan program kapal selam bertenaga nuklir di PBB sudah tepat, kata Pengamat Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah.

"Indonesia paper" bertujuan mengisi kekosongan aturan hukum internasional terkait kapal selam bertenaga nuklir.

"Usulan Indonesia sudah tepat. Karena beberapa negara besar dan sekutu mereka telah melakukan program pengadaan Kapal Selam Bersenjata Nuklir, termasuk melakukan berbagai program pelatihan," ujar Rezasyah kepada Republika.co.id, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, keadaan ini berpotensi menciptakan pacu senjata model baru, yang aturannya belum ada sehingga sangat membahayakan perdamaian dan keamanan dunia.

"Kapal Selam Bersenjata Nuklir itu sendiri memiliki potensi bermasalah di bawah laut, termasuk menjadi sasaran serangan pihak lawan," katanya.

Rezasyah mengharapkan, usulan Indonesia ini hendaknya didukung negara-negara penandatangan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir. Seperti Treaty of Tlatelolco di Amerika Latin, dan Treaty of Rarotonga di Pasifik Selatan.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan