Ketua DPR Amerika Sulit Dicegah Pergi ke Taiwan, China Layangkan Peringatan…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Beijing - Kunjungan ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan akan rusak hubungan AS dan China, kata Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun. Pelosi dijadwalkan akan berkunjung ke Taiwan pada Selasa (2/8/2022), kata tiga orang sumber. 

Sementara AS mengatakan tidak akan terintimidasi dengan peringatan China yang mengatakan "tidak akan tinggal diam" bila Pelosi melakukan kunjungan itu.

"Kunjungan semacam itu tampaknya sangat berbahaya, sangat amat provokatif," kata Zhang dalam konferensi pers menandai presidensi China di Dewan Keamanan PBB bulan Agustus.

"Bila kunjungan itu dilakukan akan merusak hubungan antara China dan Amerika Serikat," tambahnya.

Ia juga mengatakan kunjungan Pelosi seharusnya tidak dibandingkan dengan kunjungan terakhir ketua House AS ke pulau itu pada tahun 1997.

"Kesalahan awal tidak membuat kesalahan berikutnya sah, situasi di Taiwan selanjutnya juga berubah dengan dukungan sejumlah pasukan eksternal," kata Zhang.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan