Kisah Bisnis Pegipegi, Keluar dari Krisis Pandemi dan Dukung Pemulihan Pariwisata Nasional

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Masih terngiang betul di benak Ryan Kartawidjaja, ketika pandemi melanda Indonesia sekitar awal tahun 2020, transaksi Pegipegi hampir mendekati nol. Pria yang menjadi Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi ini menceritakan, pihaknya saat itu tak menduga peristiwa pandemi ini akan terjadi dan membawa Pegipegi ke titik terendahnya.

“Pada waktu itu transaksi kita turun, bahkan hampir mendekati nol. Tapi, Pegipegi tetap beroperasi seperti biasa untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan. Prioritas kami saat awal pandemi adalah membantu setiap pelanggan yang ingin mengubah rencana perjalanannya,” kenang Ryan.

Situasi pandemi di Indonesia saat itu sedang gawat, pemerintah membatasi secara ketat pergerakan masyarakat termasuk dalam urusan perjalanan. Hampir semua lini kehidupan tak bergerak sebagaimana mestinya. Masyarakat pun khawatir terkena COVID-19 dan pada akhirnya mereka mematuhi regulasi pemerintah dengan mengurungkan niat berwisata.

Dampaknya, pengajuan refund dan reschedule oleh pelanggan Pegipegi melonjak tajam. Sebagian besar sumber daya yang dimiliki Pegipegi dikerahkan untuk memaksimalkan customer service dalam menangani pengajuan refund dan reschedule pelanggan. Meski akhirnya pada waktu itu performa bisnis menurun drastis, Ryan bersama jajaran Pegipegi tetap optimistis, industri pariwisata akan pulih. Strategi baru disusun untuk memastikan keberlangsungan bisnis Pegipegi di dalam kondisi yang serba tak pasti.

Benar saja, selama dua tahun belakangan ini, sinyal-sinyal positif bermunculan. Vaksinasi terus meningkat, jumlah penyebaran kasus lebih terkendali, regulasi perjalanan lebih fleksibel dibandingkan tahun 2020 silam. Pariwisata dalam negeri yang kembali menggeliat dan dibukanya kembali berbagai perbatasan negara semakin mendorong minat masyarakat untuk jalan-jalan.

Salah satu buktinya, tutur Ryan, transaksi pemesanan transportasi dan akomodasi di libur Lebaran tahun 2022 meningkat signifikan jika dibandingkan periode libur Lebaran tahun 2021.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan