Menkeu Sri Mulyani Bersabda, Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Hari Ini Perkasa Tiada Tara!

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini perkasa tiada tara. Melansir RTI, rupiah terus menekan dolar AS hingga nyaris ke bawah level Rp14.800 pada Selasa, 2 Agustus 2022 meski dibayangi oleh sentimen inflasi domestik.

Bukan hanya terhadap dolar AS, rupiah hari ini juga menguat di hadapan mata uang global. Rupiah unggul atas dolar Australia (0,60%), poundsterling (0,47%), dan euro (0,33%). 

Mayoritas mata uang Asia berhasil ditaklukkan oleh rupiah, kecuali yen (-0,06%). Dengan kata lain, rupiah menguat terhadap won (0,87%), ringgit (0,66%), dolar Hong Kong (0,53%), dolar Singapura (0,51%), yuan (0,46%), baht (0,29%), dan dolar Taiwan (0,22%).

Pergerakan rupiah hari ini dibayangi oleh sentimen inflasi domestik. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi tahunan Indonesia pada Juli 2022 mencapai 4,94% (yoy).Laju inflasi itu meningkat dari periode Juni 2022 yang sebesar 4,35% (yoy). Sementara itu, inflasi inti masih terjaga di level 2,86% dan inilah yang menjadi pertimbangan bagi Bank Indonesia (BI) dalam mengambil kebijakan suku bunga acuan.

Menteri Keuangan sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Sri Mulyani, menyebutkan bahwa inflasi di Indonesia menujukkan tren meningkat karena dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas global dan gangguan pasokan di domestik. Meski begitu, ia menilai bahwa laju inflasi di Indonesia saat ini masih relatif moderat, terlebih jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain.

"Dibandingkan dengan negara peers, seperti Thailand (7,7%), India (7,0%), dan Filipina (6,1%), inflasi Indonesia masih relatif moderat," tegas Sri Mulyani pada Senin, 1 Agustus 2022.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan