Ternyata Putin Sendiri Ogah Perang Nuklir: Faktanya, Tidak akan Ada…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Moskow - Komunitas global harus mencegah terjadinya perang nuklir karena tidak akan ada pemenang, kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami melanjutkan dari fakta bahwa tidak ada pemenang dalam perang nuklir dan perang ini tidak boleh dilancarkan. Kami berdiri untuk keamanan yang sama dan tak terpisahkan untuk semua anggota komunitas dunia,” kata Putin dalam sebuah surat yang dikirimnya kepada para peserta konferensi Non-Proliferation Treaty (NPT) atau Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir, Senin (1/8/2022).

Setelah ditunda selama dua tahun akibat pandemi, konferensi peninjauan NPT yang digelar lima tahun sekali akhirnya kembali dihelat pada Senin lalu. Kegiatan itu akan berlangsung hingga 26 Agustus mendatang.

NPT ditandatangani 191 negara PBB, termasuk lima negara anggota tetap Dewan Keamanan yang juga kekuatan nuklir dunia, yakni Rusia, Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, dan Cina.

Sementara India, Pakistan, dan Korea Utara (Korut) yang turut mengembangkan senjata nuklir tak menjadi pihak dalam traktat tersebut.

Israel pun tak menandatangani NPT. Sudah lama Tel Aviv diyakini memiliki senjata nuklir. Namun mereka tak pernah mengonfirmasi atau membantah kabar tersebut.

Sumber: m.republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan