Adopsi Teknologi Meningkat, Sejumlah Organisasi di Indonesia Justru Masih Tertinggal soal Ketangkasan Digital

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Sebuah studi yang dilakukan oleh Workday, perusahaan global yang menyediakan aplikasi cloud di bidang manajemen keuangan dan sumber daya manusia, menemukan bahwa 9 dari 10 (88%) organisasi di Indonesia masih tertinggal tingkat kematangannya dalam ketangkasan digital (digital agility).

Organisasi-organisasi tersebut masih berada pada tahap lambat ataupun taktis dalam tingkat kematangan ketangkasan digital mereka. Hal ini tetap terjadi kendati adanya peluang untuk mempercepat transformasi digital dan adopsi teknologi yang meningkat selama pandemi.

Hasil studi ini menemukan kurangnya keterampilan dalam mendapatkan serta mempertahankan talenta (talent acquisition dan talent retention) merupakan tantangan terbesar dalam mengejar transformasi digital, menurut organisasi-organisasi Indonesia ini.

“Meskipun ada kemajuan besar dengan semakin banyak organisasi yang membuat lompatan untuk menjadi agility leaders, fakta bahwa mayoritas organisasi di Asia Pasifik masih tertinggal menciptakan peluang untuk membantu organisasi-organisasi tersebut berakselerasi secara digital,” kata Sandeep Sharma, President for Asia, Workday, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/8/2022).

Dia menambahkan, "dengan ketangkasan yang sekarang menjadi sumber utama keunggulan kompetitif dalam ekonomi yang serba digital saat ini, organisasi yang didukung oleh proses berbasis data dan menggunakan keterampilan dan budaya kerja digital berada pada posisi terbaik untuk berkembang di dunia yang terus berubah saat ini.”

Sementara itu, Lawrence Cheok, Associate Research Director of Digital Transformation, IDC, bilang, disrupsi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 memaksa banyak organisasi untuk mempercepat transformasi digital mereka. Oleh karena itu, tidak mengherankan menyaksikan peningkatan adopsi teknologi yang mendorong peningkatan ketangkasan.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan