Bukan Respons ke Pelosi, Asing Soroti Indonesia Soal Latihan Perang Bersama TNI dan US Army Gara-gara…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) yang mengikuti latihan perang Super Garuda Shield 2022 menjadi sorotan internasional.

Arab News salah satu media asing internasional mengangkat soal latihan perang yang digelar pada saat ketegangan di Laut China Selatan (LCS) meningkat itu.

Pada Rabu (3/8/2022), surat kabar yang berbasis di Riyadh itu menayangkan berita berjudul ‘Indonesia, US hold biggest joint military drills as Indo-Pacific tensions rise’ (Indonesia, AS gelar latihan militer bersama terbesar saat ketengangan Indo-Pasifik meningkat). 

Dalam artikel itu, Arab News mengutip pengamat dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Muhammad Waffaa Kharisma yang menyebut latihan perang bersama tersebut merupakan sinyal tentang posisi Indonesia dalam menyeimbangkan keterlibatan negara-negara berkekuatan besar.

“Itu (Garuda Shield 2022) tepat secara strategis, meskipun mungkin tidak tepat sasaran karena dilakukan ketika ada dinamika, seperti kemungkinan China meningkatkan ketegasan di Selat Taiwan,” ujar Kharisma.

Peraih gelar master hubungan internasional dari University of Bristol, Inggris, itu menjelaskan Indonesia tidak condong pada kekuatan mana pun. Menurutnya, Indonesia memilih berdiri di atas kepentingan sendiri dalam menjaga perdamaian regional.  

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan