Elektabilitas Bikin “Ngelus Dada”, Puan Maharani Masih Punya Kekuatan Lain, Pengamat Singgung Nama Ganjar, Simak!

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Penunjukkan Capres oleh PDIP masih ditunggu-tunggu oleh Publik. Meski nama Ganjar Pranowo jadi sosok kader dengan elektabilitas lembaga survei yang tinggi, diyakini PDIP akan mengusung Puan Maharani.

Pengamat politik Universitas Paramadina A Khoirul Umam berpendapat Ketua DPR RI tersebut memiliki kunci langsung untuk menggerakkan arah koalisi.

Apalagi, PDIP merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung capres-cawapres tanpa harus koalisi karena memenuhi syarat perolehan suara lebih dari 20 persen di Pemilu 2019.

"Mbak Puan memang elektabilitasnya per hari ini belum memadai, tapi fakta menunjukkan bahwa Mbak Puan adalah satu-satunya pihak yang memiliki kendali politik paling riil di antara elite-elite lain," ujarnya di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, jika putusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah menentukan Puan Maharani capres atau cawapres, maka hampir tak akan ada dinamika perlawanan di dalam partai.

"Ini karena karakter kepemimpinan di PDIP itu mirip dengan model pendekatan kepemimpinan yang dulu di-introduce oleh Bung Karno, yakni demokrasi terpimpin. Karakter politik PDIP arahnya akan menguatkan basis trah Soekarno," jelasnya.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan