Gandeng USAID, PLN Percepat Transisi Energi Bersih di Indonesia

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - PT PLN (Persero) dan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau United States Agency for International Development (USAID) memperkuat kerja sama guna mempercepat transformasi energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia. 

Komitmen ini tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang disepakati kemitraan jangka panjang AS dan Indonesia untuk mempercepat transisi energi agar lebih berkelanjutan melalui perluasan akses energi terbarukan dan modernisasi sistem.

Adapun kemitraan merupakan bagian dari bantuan USAID kepada Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan PLN memiliki cita-cita mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 untuk mendukung visi pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.  

Darmawan menjelaskan, peta jalan, tujuan, dan strategi telah dibangun, tetapi pihaknya menyadari bahwa masih ada banyak tantangan. 

"PLN termasuk di antara perusahaan penyedia jasa Asia ke-6 yang berkomitmen pada karbon netral. Kami telah mempersiapkan dengan sangat rinci roadmap dan strategi yang mencakup pengembangan energi terbarukan skala besar, penghentian pembangkit listrik tenaga batu bara, konversi diesel ke pembangkit listrik terbarukan, dan co-firing menggunakan biomassa," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (4/8/2022).

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan