Kejahatan Siber Terus Mengintai Industri Perbankan, Begini Respon OJK

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Akselerasi transformasi digital telah masuk ke berbagai sektor industri, termasuk industri keuangan. Namun yang jadi pertanyaan, masifnya akselerasi transformasi digital di sektor keuangan khususnya perbankan adalah sejauh mana perbankan telah memitigasi potensi risiko baru atau mengenali the unknown-unknown risk?

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, perkembangan digital banking dengan seluruh infrastruktur yang menyertainya tentunya akan memicu tantangan tersendiri dalam tranformasi bank digital kedepan. Di era teknologi dan disrupsi digital yang perlu diwaspadai adalah potensi serangan siber.

Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sektor keuangan dan utamanya perbankan, merupakan sektor yang berisiko tinggi menjadi target serangan siber. Diantara kasus serangan yang dominan antara lain serangan ransomware dan phishing

Dia menuturkan, penerbitan Blueprint merupakan panduan akselerasi transformasi digital ini dilandasi semangat dan tujuan agar industri perbankan Indonesia secara kelembagaan dapat mencapai skala ekonomi yang lebih tinggi, lebih efisien, lebih berdaya saing, adaptif terhadap perubahan ekspektasi masyarakat serta kontributif bagi perekonomian. 

Sebagai tindak lanjut dari diterbitkannya Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan, OJK menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2022 Tentang Penyelenggaraan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum (POJK PTI) yang mengadopsi konsep principle dari blueprint yang penting untuk dituangkan menjadi ‘rule’.

Pengaturan POJK PTI ini, sebut Dian, telah mengakomodasi seluruh pilar dalam cetak biru transformasi digital perbankan. Diawali dengan pengaturan terkait tata kelola penyelenggaraan TI yang bertujuan untuk meningkatkan peran direksi, dewan komisaris dan seluruh pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan TI di bank.

Sumber: genpi.co

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan