Kepala PVMBG Ungkap Selama 6 Bulan Terakhir Ada 9 Gunung Api yang Alami Erupsi

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengungkapkan dalam periode Januari hingga Juni 2022, terdapat 9 gunung api yang mengalami erupsi. Dari 9 gunung api, baik erupsi eksplosif maupun efusif.

"Sembilan gunung api tersebut yaitu Dempo, Merapi, Semeru, Anak Krakatau, Ili Lewotolok, Soputan, Karangetang, Ibu, dan Dukono," kata Hendra dalam Konferensi Pers mengenai Informasi Kebencanaan Geologi Semester 1 2022, Kamis (4/8/2022).

Selain itu, lanjut Hendra terdapat 2 gunung api yang erupsinya disertai awan panas serta 3 gunung api yang aktivitasnya disertai guguran lava.

"Saat ini terdapat 5 gunung api dengan tingkat aktivitas Level III atau SIAGA, yaitu Anak Krakatau, Merapi, Semeru, Ili Lewotolok dan Awu; 15 gunung api di Level II atau WASPADA; dan 48 gunung api di Level I atau NORMAL. Dan sebagai tambahan, pada tanggal 28 Juli 2022, tingkat aktivitas G. Raung yang berada di Provinsi Jawa Timur naik dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada)," jelasnya.

Hendra juga menjelaskan dalam 6 bulan terakhir, telah terjadi 10 kejadian gempa bumi merusak dengan total korban jiwa sebanyak 27 orang dan 479 orang mengalami luka-luka, serta kurang lebih 4717 bangunan mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Wilayah terjadinya gempa bumi merusak ini adalah Tobelo, Pandeglang, Kep. Talaud, Pasaman Barat, Sukabumi, Seram Barat, Kendari, Halmahera Utara, Maluku Barat Daya, dan Mamuju," kata Hendra.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan