Kutuk Kunjungan Pelosi, Iran Deklarasikan Dukungan Total untuk China karena…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Teheran - Iran mendeklarasikan dukungan sepenuhnya kepada China yang menjadi sekutunya. Pengumuman disampaikan setelah Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi tiba di Taiwan, Selasa (2/8/2022), yang mengabaikan peringatan dari Beijing.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan bahwa kunjungan penting Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu merupakan pelanggaran integritas teritorial China dan kebijakan satu China.

Menurut Kanaani, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara merupakan salah satu "prinsip dasar" Piagam PBB, mengecam kunjungan yang mengancam untuk lebih mempengaruhi hubungan antara China dan AS.

Pelosi, pejabat tinggi pemerintah AS yang mengunjungi Taiwan, sebuah pulau yang diperebutkan yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya, akan bertemu dengan pejabat tinggi Taiwan, termasuk Presiden Tsai Ing-Wen pada Rabu.

Pejabat China dalam beberapa hari terakhir mengeluarkan peringatan keras terhadap kunjungan Ketua DPR AS ke pulau itu, memperingatkan tindakan balasan yang kuat, termasuk tindakan militer.

Kanaani mengatakan kunjungan Pelosi adalah "contoh intervensionisme Amerika" di seluruh dunia, yang "menghasilkan stabilitas yang meningkat dan memicu perselisihan."

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan