Memanas, Zona Pertahanan Udara Taiwan Diterobos Hampir 30 Jet Tempur Tentara China

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Beijing - Sekitar 27 jet tempur dikirim oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) pada Rabu (3/8/2022) ke wilayah yang ditetapkan Taiwan sebagai Area Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ).

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan di Twitter bahwa "27 pesawat PLA memasuki area sekitar R.O.C. pada 3 Agustus 2022," mengacu pada Republik China, nama resmi pulau itu.

Pernyataan di Twitter mengatakan pesawat patroli militer dan sistem rudal pertahanan udara mengikuti pesawat dan mengirimkan peringatan melalui radio.

Penerbangan dilakukan beberapa jam setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau itu.

Pelosi sedang dalam perjalanan empat negara ke Asia dan terbang Selasa malam ke Taiwan dari Malaysia --perjalanan pertama ke pulau yang diperintah sendiri oleh Ketua DPR AS yang menjabat dalam 25 tahun.

Perjalanannya disambut dengan tanggapan marah dari China, yang meluncurkan latihan militer dan merencanakan latihan empat hari di sekitar pulau itu.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan