Mendadak Bos Komisi Uni Eropa Bersiap untuk Skenario Terburuk Soal…

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Brussels - Uni Eropa dikatakan mempersiapkan "skenario terburu" ketika Rusia menangguhkan pasokan gas selama musim dingin, kata ketua komisi itu Ursulan von der Leyen.

"Kita semua harus siap menghadapi situasi terburuk terkait dengan gas," kata von der Leyen dalam wawancara dengan harian Spanyol El Mundo baru-baru ini.

Dia menjelaskan bahwa langkah Rusia mengkhawatirkan karena Moskow telah membatasi pasokan gas ke 12 negara anggota Uni Eropa sebagai pembalasan atas sanksi yang telah diperkenalkan blok tersebut atas perang di Ukraina.

Von der Leyen menyebut kesepakatan minggu lalu untuk secara sukarela mengurangi permintaan gas blok tersebut sebesar 15 persen sebagai "langkah yang menentukan dan belum pernah terjadi sebelumnya untuk melawan ancaman (Presiden Rusia Vladimir) Putin untuk memotong pengiriman gas sepenuhnya."

Dia juga menekankan bahwa meskipun ada tentangan awal dari negara-negara anggota tertentu, termasuk Spanyol, keputusan itu “tentang solidaritas Eropa.”

Mengikuti proposal Komisi Eropa, para menteri energi Uni Eropa pekan lalu sepakat untuk secara sukarela memangkas konsumsi gas Rusia sebesar 15 persen antara Agustus dan Maret.

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan