Menkes: Kasus Cacar Monyet di Jateng Masih Suspek

  • Bagikan
X

Duniagital.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan adanya kasus suspek (dugaan) cacar monyet (monkeypox) dari seorang warga di Pati Jawa Tengah (Jateng).

"Memang ada suspek, di kabupaten Pati Jateng. Jadi dia tanggal 19 Juli ada gejala demam, 21 Juli kemudian di bawa ke rumah sakit, 23 Juli timbul bintik-bintik," kata Menkes saat ditemui di Istana Wapres Jl. Medan Merdeka Selatan, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, untuk mengatahui apakah benar binti-bintik yang timbul diakibatkan cacar monyet (monkeypox) atau cacar biasa (smallpox) haruis dilakukan genom skuens untuk menentukan jenis varian tersebut.

"Untuk bisa mengatahui apakah dia cacar smallpox atau monkeypox harus dilakukan genom sekuens. Sama seperti yang dilakukan di Covid, untuk bisa menentikan apakah dia varian delta atau omicron," ucapnya.

Budi melanjutkan, pasien suspek tersebut telah diambil spesimennya di tanggal 29 Juli 2022 lalu, sedangkan untuk pengambilan genom skuens telah dilakukan oleh Kemenkes. Untuk itu, dibutuhkan waktu sekitar 3-5 hari untuk mengatahui hasilnya.

Selain itu, Kemenkes jga telah melakukan penelusuran dengan pengambilan sample darah atau serum darahnya, kepada yang melakukan kontak erat. Pasalnya, penularan cacar monyet ini melalui kontak erat.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim koreksi/laporan Anda ke alamat email kami di [email protected].
  • Bagikan